Kamis, 19 April 2018

Ingridients

1. KEPAYANG/KLUWAK

Hasil gambar untuk kluwak
 
HISTORY
          Pucung atau sering disebut juga Kepayang, kluwek, keluwek, keluak, adalah tumbuan suku dari Achariaceae, (dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae). Di berbagai daerah sering terjadi perbedaan nama. Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu pula sebagian orang Jawa Tengah) dan di Toraja disebut pamarrasan, pohon lunglai atau kalawak dalam Banjar. Orang Eropa menyebut tanaman ini dengan Durian, False Durian, Football fruit, Raual. Dalam istilah latin tanaman ini memiliki nama Pangium Edule. Orang Eropa menyebut kluwek dengan sebutan durian atau false durian lantaran baunya yang menyengat sehingga mereka salah mengartikan kluwek sebagai durian. Bau yang menyengat ini dihasilkan oleh hydrocyanic acid yang terkandung dalam buahnya. Disebut Football Fruit karena buah tanaman ini berbentuk seperti bola rugby atau american football.
Pohon pucung, kepayang atau kluwek mempunyai batang lurus yang tingginya bisa mencapai 60 meter dengan diameter batang mencapai 120 cm. Percabangannya tidak terlalu rapat. Daunnya berbentuk jantung, dengan lebar 15 cm. dan panjang 20 cm. berwarna hijau gelap dan mengkilap di bagian atas, sementara bagian bawahnya agak keputihan dan sedikit berbulu.
Tanaman ini tumbuh di hutan hujan tropika basah dan merupakan tanaman asli yang tumbuh mulai dari Asia Tenggara hingga Pasifik Barat, termasuk di Indonesia. Pucung atau Kepayang bisa mampu tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.500 m dpl.
 
 Nutrient content
           Kluwak memiliki Asam sianida konsentrasi tinggi. Inilah mengapa muncul istilah mabuk kepayang. Karena tanaman ini mengandung asam sianida konsentrasi tinggi yang memabukan. Maka dari itu sebelum dimanfaatkan biasanya direndam dulu selama 10-14 hari untuk menghilangkan racun ini.
ISI KANDUNGAN GIZI KLUWAK
Nama Bahan Makanan : Kluwak
Nama Lain / Alternatif : Keluak / Kluwek / Kepayang
Banyaknya Kluwak yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kluwak yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 80 %
Jumlah Kandungan Energi Kluwak = 273 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kluwak = 10 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kluwak = 24 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kluwak = 13,5 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kluwak = 40 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kluwak = 100 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kluwak = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kluwak = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kluwak = 0,15 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kluwak = 30 mg
Khasiat / Manfaat Kluwak : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K
 
Function Of Ingredients
1. Mengatasi penyakit kulit
Manfaat kluwek yang pertama yaitu dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Jika Anda mempunyai jenis kulit yang cukup sensitive, Anda dapat menggunakan biji buah ini sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit kulit.

2. Bahan antiseptic alami
Khasiat kluwek juga dapat menjadi bahan antiseptic yang alami. Hal ini diperoleh dari kandungan alami dan sehat yang ada dalam biji buah ini. Kandungan tersebut cocok digunakan sebagai kandungan antisepctic alami.
3. Mengatasi kutu pada rambut
Manfaat kluwek dapat Anda gunakan untuk mengatasi kutu pada rambut. Caranya dengan menghaluskan biji buah ini kemudian Anda beri sedikit air dan ratakan pada rambut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rambut dengan baik.
4. Mencegah penyakit rematik
Khasiat kluwek bisa menjadi obat pencegah penyakit rematik. Tidak hanya bijinya saja, namun juga buahnya bisa Anda gabungkan dengan bijinya untuk meredakan gejala rematik. Tubuh Anda akan menjadi sehat tanpa adanya penyakit ini.
5. Mengatasi kudis dan panu
Manfaat kluwek untuk kesehatan tubuh terutama kulit yaitu mengatasi penyakit kulit akibat jamur, seperti panu dan kudis. Kandungan senyawa dalam biji buah ini mampu menjadi anti jamur yang akan menyingkirkan serangan jamur ke kulit Anda.
6. Memudahkan tidur
Jika Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan untuk tidur, Anda dapat mengonsumsi kluwek sebagai obatnya. Ya, kandungan sehat yang ada dalam biji ini ampuh untuk membuat Anda lebih rileks dan mudah untuk tidur.
7. Melancarkan haid
Bagi perempuan yang sering mempunyai masalah ketika haid perlu mencoba kluwek. Biji buah ini bisa dimanfaatkan untuk membuat haid menjadi lancar serta mengatasi masalah keputihan yang sering menyerang organ wanita.
8. Mencegah penyakit lepra
Salah satu fungsi kluwek yang tidak kalah pentingnya yaitu mencegah penyakit lepra. Jika Anda mempunyai gejala penyakit ini dalam tubuh, Anda dapat mengurangi resikonya dengan mengonsumsi biji sehat ini.
9. Anti kolesterol tinggi
Siapa sangka jika manfaat kluwek juga bisa Anda peroleh untuk mencegah kolesterol yang tinggi. Kandungan alami dalam buah dan bijinya ampuh untuk menurunkan kelesterol jahat yang cukup tinggi di dalam tubuh.
10. Obat borok
Borok adalah jenis penyakit pada kulit yang membuat kulit Anda mengalami luka terbuka. Penyakit ini dapat Anda sembuhkan dengan kluwek. Manfaat biji buah ini yaitu mempercepat pengeringan luka pada borok.
5        Manfaat dan Khasiat Kluwek Lainnya:
•         Menyehatkan rambut
•         Bumbu masakan
•         Bahan pengawet ikan
•         Menjaga daya tahan tubuh
•         Anti oksidan alami
•         Menyehatkan kulit
•         Mencegah kerontokan rambut
•         Membantu regenarasi kulit

Charateristic of ingredients
Pohon kluwek memiliki batang lurus dengan tinggi 60 meter dengan lebar pohon 120 cm. Daunnya memiliki bentuk yang lonjong dengan lebar 15 cm dan memiliki panjang 20 cm. Daunnya berwarna hijau gelap mengilap di bagian atasnya dan berwarna agak keputihan dan berbulu di bagian bawahnya. Bunganya berada di pucuk ranting dan berwarna putih kehijauan seperti bunga pepaya. Bentuk buahnya lonjong dengan bagian ujung dan pangkal meruncing, berwarna kecokelatan dengan permukaan berbulu. Ukuran buahnya kurang lebih panjang 30 cm dengan lebar 20 cm. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur lunak. Bijinya bertempurung cokelat kehitaman berbentuk asimetris dengan ukuran 3-4 cm. Itulah bentuk fisik dari tanaman kluwek.
Anonim. 2017, Isi Kandungan Gizi kluwak. http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-kluwak-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.WrUQSRNEm00  (Online, 20 Maret)
Anonim. 2017, 18 Manfaat Kluwak. https://www.khasiat.co.id/biji/kluwek.html  (Online, 20 Maret)


                                                                  2. WORTEL/CARROT

  
Hasil gambar untuk carrot
HISTORY
                  Berbagai catatan sejarah menyebutkan, wortel sudah dikenal orang sejak abad ke-1 Masehi. Lantaran aromanya yang sangat khas, dulu orang menanam wortel untuk mengambil daun dan bunganya saja, bukan akarnya seperti sekarang.
Secara garis besar, para ahli botani mengelompokkan wortel ke dalam dua kategori, yaitu wortel timur dan wortel barat. Wortel timur dibudidayakan pertama kali di Afganistan pada abad ke-10 Masehi. Warna wortel ini ungu. Sementara itu, wortel barat dibudidayakan pertama kali di Belanda, sekitar abad ke-15. Warna wortelnya oranye.
Tidak ada kebuners yg tdk mengetahui tanaman wortel dan tentunya pernah mencicipi rasanya. Apakah itu dipakai utk membuat sop atau sekedar diblender utk diambil juicenya untuk kesehatan mata.
Memang sayuran satu ini sudah umum ditemui di seluruh wilayah Indonesia.
Tapi tahukah anda bahwa tanaman sayur ini telah melalui perjalanan panjang sebelum dikenal di seluruh dunia. Daucus carota, demikuan nama latin tanaman sayuran yg dipercaya berasal dari wilayah Persia (Iran dan Afghanistan saat ini). Menyebar melintasi Eropa sebagai wortel liar berwarna ungu dan putih.  Setelah abad ke 17, wortel yg umum dibudidayakan adalah wortel berwarna orange. Sebelum itu warna asli wortel adalah ungu dan putih. Ini varietas tetua dari wortel. Wortel berwarna orange itu merupakan mutasi gen dari wortel tetua aslinya.
Perhatikan di gambar di atas. Tampak jelas warna orange muncul di antara warna putih dan ungu. Lalu mengapa yg terkenal saat ini adalah wortel berwarna orange. Tentu itu ada cerita tersendiri.
Pada abad ke 17, kerajaan Belanda dijajah oleh Spanyol, dan ketika itu salah satu pangeran kerajaan Belanda, Willem I/ Willem the Silent, mengangkat senjata dan mengadakan revolusi untuk membebaskan Belanda dari penjajah Spanyol.
Setelah berhasil, Willem I mendirikan House of Orange Nassau. Orange adalah warna favoritnya. Untuk menghormati Willem I, warga Belanda mengabadikan warna orange menjadi indentitas warna keluarga kerajaan/royal family dan juga menjadi warna national Belanda.
Itu terlihat di seragam kesebelasan sepak bola Belanda. Hingga lagu kebangsaan Belanda juga :
Satu lagi penghormatan terhadap Williem I adalah dilakukan oleh petani2 Belanda dgn membudidayakan wortel berwarna orange dan menyebar ke seluruh dunia melalui Britania Raya. Akhirnya tanaman sayur berumbi yg dibudidayakan dengan biji dan stek daun ini berkembang ke seluruh dunia dengan satu warna: Orange.
Akhir-akhir  ini barulah orang mengingat kembali tetua asal wortel dgn mulai membudidayakan kembali wortel ungu dan wortel putih disamping juga wortel berwarna merah.
Ditulis CarrotMuseum, menurut ahli sejarah kuliner, kue wortel yang dinikmati saat ini kemungkinan besar merupakan evolusi dari puding wortel pada abad pertengahan di Eropa.
Pada masa itu dan selama Perang Dunia Kedua di Inggris, gula langka dan mahal. Sebagai penambah rasa manis dalam resep makanan penutup, orang menggunakan wortel. Sejak saat itulah wortel digunakan sebagai pengganti gula.
Meski kandungan gula dalam bit lebih banyak, wortel lebih mudah didapatkan. Wortel adalah sayuran yang banyak mengandung gula sehingga manis rasanya.  Tak jelas, siapa yang memulai pemanfaatan wortel di dalam kue. Namun, dilansir dari Wikipedia, resep tertua kue wortel tercatat berasal dari 1892. Kue wortel merupakan salah satu kue paling populer di Swiss, yang disajikan pada ulang tahun anak-anak.
Kue wortel sendiri relatif baru beredar luas setelah tahun 1960 saat ditawarkan di restoran dan kafeteria di Amerika Serikat. Makanan penutup yang cocok dinikmati bersama secangkir teh ini ternyata disukai para penggemar makanan manis. Adalah George C. seorang pebisnis yang dianggap telah mempromosikan kue wortel hingga terkenal.


Nutrient content
Kandungan Gizi Wortel (Carrot)
             Wortel mengandung berbagai Vitamin, Mineral, Antioksidan dan Senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa senyawa tumbuhan yang penting bagi kesehatan tubuh manusia yang dikandung oleh Wortel diantaranya seperti Beta-Karoten, Alpha-Karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene dan Anthocyanin.
Berikut dibawah ini adalah tabel kandungan gizi wortel pada setiap 100 gram-nya.
Jenis Nutrisi / Gizi
   
Jenis Nutrisi / Gizi
Kandungan
AKG%
Kalori
41kal
Karbohidrat
9,6g
Air
88%
Protein
0,9g
Gula
4,7g
Serat
2,8g
Lemak
0,2g
Vitamin A
835µg
93%
Vitamin C
5,9mg
7%
Vitamin D
0µg
Vitamin E
0,66mg
4%
Vitamin K
13,2µg
11%
Vitamin B1 (Thiamine)
0,07mg
6%
Vitamin B2 (Riboflavin)
0,06mg
4%
Vitamin B3 (Niacin)
0,98mg
6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
0,27mg
5%
Vitamin B6 (Pyridoxine)
0,14mg
11%
Vitamin B9 (Folat)
19µg
5%
Vitamin B12
0µg
Cholin
8,8mg
2%
Kalsium
33mg
3%
Zat Besi
0,3mg
4%
Magnesium
12mg
3%
Fosfor
35mg
5%
Potassium (Kalium)
320mg
7%
Sodium
69mg
5%
Seng (Zinc)
0,24mg
2%
Tembaga (Copper)
0,05mg
5%
Manganese
0,14mg
6%
Selenium
0,1µg
0%

Function Of Ingredient
1.   Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat Wortel bagi kesehatan yang paling sering kita dengar mungkin adalah manfaat wortel untuk menjaga kesehatan mata kita. Hal ini sangat beralasan karena Wortel mengandung sekitar 835µg Vitamin A pada setial 100gram-nya. Kandungan Vitamin A tersebut merupakan 93% dari kebutuhan harian kita terhadap Vitamin A. Seperti yang kita ketahui, Vitamin A merupakan vitamin yang sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan alat indera penglihatan kita ini. Selain Vitamin A, Wortel juga mengandung Lutein dan Beta-Karoten yang bermanfaat bagi kesehatan mata kita.
2.      Menurunkan Risiko Kanker
Sejumlah penelitian menunjukan bahwa nutrisi atau gizi yang terkandung pada Wortel terutama Karoten dapat menurunkan risiko terkenanya kanker seperti kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kolon dan kanker payudara.

3.      Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Sebuah penelitian menunjukan bahwa Karotenoid dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Karotenoid adalah golongan senyawa kimia organik bernutrisi yang terdapat pada pigmen alami tumbuhan dan hewan. Kandungan Beta-Karoten, Alpha-Karoten dan Lutein yang terdapat pada Wortel yang merupakan anggota dari Keluarga Karatenoid.

4.      Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi wortel secara teratur. Serat larut atau Soluble Fiber pada Wortel dapat mengikat lemak, kolesterol dan asam empedu sehingga tidak diserap dalam usus halus tetapi membuangnya melalui usus besar. Untuk menggantikan asam empedu yang hilang, hati akan menarik kolesterol dari darah. Dengan demikian, kadar kolesterol dalam darah akan menurun.

5. Menjaga Kesehatah Kulit
Vitamin A yang terkandung dalam Wortel dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi serta warna kulit yang tidak rata. Selain pada kulit, Kekurangan Vitamin A akan mengakibatkan kekeringan pada rambut dan kuku.

6.      Memperlambat Penuaan
Tingginya Beta-karoten pada Wortel berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan sehingga membantu memperlambat penuaan.

7.      Mengatasi Sembelit
Serat yang terkandung dalam Wortel dapat meningkatkan feses hingga 25% sehingga dapat mengatasi permasalahan sembelit.
Sumber referensi : Kandungan Gizi Wortel per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat wortel bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.
Þ Charateristic of ingredients
Morfologi Tanaman Wortel
 Daun
Daun wortel bersifat majemuk menyirip ganda dua atau tiga, anak-anak daun berbentuk lanset (garis-garis). Setiap tanaman memiliki 5-7 tangkai daun yang berukuran agak panjang. Tangkai daun kaku dan tebal dengan permukaan yang halus, sedangkan helaian daun lemas dan tipis.

Batang.
Batang tanaman wortel sangat pendek sehingga hampir tidak nampak, batang bulat, tidakberkayu, agak keras, dan berdiameter kecil (sekitar 1-1,5 cm). Pada umumnya batang berwarna hijau tua. Batang tanaman tidak bercabang, namun ditumbuhi oleh tangkaidaun yang berukuran panjang, sehingga kelihatan seperti bercabang.

Akar
Tanaman wortel memiliki sistem perakaran tunggang dan serabut. Dalam pertumbuhannya akar tunggang akan mengalami perubahan bentuk dan fungsi menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan. Bentuk akar akan berubah menjadi besar dan bulat memanjang, hingga mencapai diameter 6 cm dan panjang sampai 30 cm, tergantung varietasnya. Akar tunggang yang telah berubah bentuk dan fungsi inilah yang sering disebut atau dikenal sebagai “Umbi Wortel”.

Bunga.
Bunga tanaman wortel tumbuh pada ujung tanaman, berbentuk payung berganda, dan berwarna putih atau merah jambu agak pucat. Bunga memiliki tangkai yang pendek dan tebal. Kuntum-kuntum bunga terletak pada bidang yang sama. Bunga wortel yang telah mengalami penyerbukan akan menghasilkan buah dan biji-biji yang berukuran kecil dan berbulu (Cahyono, 2007 dalam (Keliat, 2008)).

Umbi.
Wortel merupakan tanaman sayuran umbi semusim, berbentuk semak yang dapat tumbuh sepanjang tahun, baik pada musim hujan maupun kemarau. Batangnya pendek dan berakar tunggang yang fungsinya berubah menjadi bulat dan memanjang. Warna umbi kuning kemerah-merahan, mempunyai karoten A yang sangat tinggi, Umbi wortel juga mengandung vitamin B, Vitamin c dan mineral (setiawan, 1995dalam (Pohan, 2008)).
 Cahyono (2002) dalam (Rini, 2010) mengatakan bahwa pada awalnya hanya dikenal beberapa varietas wortel, namun dengan berkembangnya peradaban manusia dan teknologi, saat ini telah ditemukan varietas-varietas baru yang lebih unggul daripada generasi-generasi sebelumnya. Varietas-varietas wortel terbagi menjadi tiga kelompok yang didasarkan pada bentuk umbi, yaitu tipe Imperator, Chantenay, dan Nantes.
Tipe Imperator memiliki umbi berbentuk bulat panjang dengan ujung runcing (menyerupai kerucut), panjang umbi 20-30 cm, dan rasa yang kurang manis sehingga kurang disukai oleh konsumen. Tipe Chantenay memiliki umbi berbentuk bulat panjang dengan ujung tumpul, panjang antara 15-20 cm, dan rasa yang manis sehingga disukai oleh konsumen. Tipe Nantes memiliki umbi berbentuk peralihan antara tipe Imperator dan tipe Chantenay, yaitu bulat pendek dengan ukuran panjang 5-6 cm atau berbentuk bulat agak panjang dengan ukuran panjang 10-15 cm.
Dari ketiga kelompok tersebut, varietas yang termasuk ke dalam kelompok chantenay yang dapat memberikan hasil (produksi) paling baik, sehingga paling banyak dikembangkan 



http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-wortel-manfaat-wortel-bagi-kesehatan/

3.  SERAI/LEMON GRASS
 
 Hasil gambar untuk LEMON GRASS
HISTORY
              Aroma wangi dari tumbuh-tumbuhan tetap merupakan bumbu pada  setiap acara kebudayaan. Bahkan saat ini bedak, lulur, dan berbagai jenis kosmetika tradisional masih mampu bertahan sebagai perias kecantikan sebagian besar wanita Indonesia. (Harris,1989).
Untuk itulah bahan-bahan pewangi serta minyak sari tumbuh-tumbuhan telah diperdagangkan sejak dahulu kala. Banyak Negara serta kerajaan menjadi termashur karena minyak atsirinya, misalnya: minyak cendana, minyak cempaka, miyak kenanga, minyak Sereh Wangi, minyak kayu putih dan lain sebagainya. Menurut sejarah, penjajahan terhadap Negara kita diawali oleh datangnya para pedagang yang berlomba-lomba mencari rempah-rempah. Ini merupakan suatu bukti bahwa penyedap dan pewangi bukan saja di butuhkan di dunia Timur, tetapi di dunia barat juga membutuhkannya. (Ruslan Harris,1989).
Di zaman modern ini, aneka bahan berbau telah ditambahkan pada ribuan jenis barang yang digunakan manusia, misalnya sabun cuci, karbol semir sepatu dan lain-lain. Wewangian teknis ternyata telah menjadi kebutuhan manusia. (Harris,1989).
Asal-usul tanaman sereh wangi di Indonesia, pastilah tak dapat dipisahkan dengan usaha penyulingan minyak sereh wangi itu sendiri, sebab hampir tiada gunanya sereh wangi ditanam jika daunnya tidak disuling untuk diambil minyaknya.
Ketika AKJ Kaffer berburu di kawasan sekitar Cirebon pada tahun 1890, ia sempat menemukan ketel penyulingan yang sederhana. Kemudian timbul pemikiran agar ketel penyulingan yang ditemukan tersebut berfungsi maka perlu dicari bahan baku, maka ditanamlah sereh wangi. Percobaan penanaman Kaffer ini ternyata menarik perhatian orang, sehingga dicoba pula di Kebun Raya Bogor. Namun usaha penyulingan minyak sereh wangi ini, selain dipelopori oleh Kaffer dipelopori juga oleh beberapa ahli destilasi lainnya seperti; M. Treub,   PV van Romburg, AWK de Jong, HW Hofstede dan sebagainya.
Sumber pustaka menyebutkan, pada tahun 1899 untuk petama kalinya tanaman sereh wangi jenis Mahapengiri dari Srilangka ditanam di Kebun Raya Bogor. Sedangkan sumber lain menulis, sereh wangi jenis Mahapengiri justru dianggap asli Indonesia. Ketika itu, sampai tahun 1902, hanya terdapat dua buah industri penyulingan yang mampu menunjukkan eksistensinya, yaitu; pabrik Odorata milik Kaffer di Cicurug, dan Cikancana di Cianjur. Hanya sayang pada waktu itu minyak sereh wangi asal Jawa belum mampu bersaing dengan minyak sereh wangi asal Ceylon. Akan tetapi setelah tahun 1900, konsumen Eropa justru mulai tertarik kepada minyak sereh wangi produk Jawa. Bahkan pada tahun 1919, produk ekspor minyak sereh wangi asal Jawa berhasil menandingi ekspor dari Ceylon.

FUNCTIONS OF INGREDIENTS
1.      Kolesterol sehat
Sereh memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia , yaitu mendukung kadar kolesterol yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sereh secara rutin memberikan hasil signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigliserida dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Ini akan membantu mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah,  dan meningkatkan aliran darah yang terhalang di arteri sehingga mencegah aterosklerosis dan berbagai gangguan jantung.
2.      Detoksifikasi
Sereh dapat membantu membersihan racun berbahaya keluar dari tubuh, karena sifat diuretiknya. Detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi  berbagai organ tubuh,  termasuk hati dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik serai akan membantu meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil, sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan.
3.      Anti Kanker
Sereh efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang normal dan sehat.
Mencegah infeksi akibat Staphylococcus aureus
4.      Gangguan Perut
Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak atsiri dalam sereh memiliki sifat anti mikroba dan anti-bakteri yang membantu memerangi infeksi yang disebabkan oleh berbagai bakteri patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli. Sereh bermanfaat untuk pencegahan gangguan gastro intestinal seperti ulkus lambung, membantu merangsang fungsi usus dan memperbaiki pencernaan. Sifat anti inflamasi sereh bermanfaat untuk mengobati sembelit, ulcerative colitis, diare, mual dan perut nyeri.
5.      Menyembuhkan Insomnia
Sereh juga bermanfat untuk menenangkan otot dan saraf, sehingga dapat membantu mendorong tidur yang nyenyak.
6.      Gangguan Pernapasan
Seiring dengan senyawa sehat lainnya, yaitu  vitamin C  dalam serai membantu mengatasi penyumbatan hidung karena flu dan gangguan pernafasan lainnya seperti asma bronkial.
7.      Mengatasi Demam
Sereh juga dikenal sebagai obat penurun panas, yaitu memilik efek yang menguntungkan untuk menurunkan demam. Efek anti-piretik(mengeluarkan keringat)  sereh secara luas digunakan dalam pengobatan untuk menyembuhkan demam, yaitu untuk merangsang keluarnya keringat.
8.      Infeksi
Sereh juga dapat bekerja sebagai antiseptik, dan efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atlet, kudis dan infeksi saluran kemih yang dihubungkan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamur dari sereh.
9.      Mengurangi Nyeri
Sereh bisa membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesik yang dimilikinya. Fitonutrien yang terdapat pada serai dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam mengurangi kejang, kram otot, keseleo dan sakit punggung. Sereh sangat membantu untuk mengobati  luka dan memar.
10. Sistem Saraf
Sereh telah terbukti bisa menjadi tonik yang sangat baik untuk sistem saraf. Sereh dapat merangsang pikiran dan membantu untuk mengatasi kejang-kejang, gugup, vertigo dan berbagai gangguan saraf seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson. Sereh digunakan untuk mandi terapi,  yang akan membantu untuk menenangkan saraf,  mengurangi gejala depresi dan kelelahan yang disebabkan oleh stres.
11. Diabetes tipe 2
Sereh telah terbukti bermanfaat untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat membantu menjaga tingkat insulin dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.
Rematik
Sereh efektif digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh rematik. Sereh dapat dioleskan pada pinggang dan bagian yang sakit karena rematik atau keseleo.
12. Sistem kekebalan
Sereh dapat membantu memulihkan sistem penting dalam tubuh, seperti pencernaan, respirasi, ekskresi dan sistem saraf. Sereh juga membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik, serta memperkuat mekanisme sistem  kekebalan tubuh.
13. Perawatan kulit
Sereh bermanfat sebagai tonik kulit, dan sebagai pembersih yang efektif untuk kulit berminyak atau berjerawat karena sifat astringent dan antiseptik. Hal ini karena sereh memperkuat jaringan kulit dan mengencangkan pori-pori , serta sifat sterilisasinya.
14. Kesehatan seluler tubuh
Sereh mengandung zat antioksidan , sehingga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sereh membantu membersihkan darah dan memperkuat limpa untuk membuang sel-sel darah merah yang kotor. Mendukung fungsi kelenjar timus yang membantu untuk menghasilkan sel darah putih. Sereh juga membantu merangsang regenerasi sel. Folat dan kalium pada batang dan daun sereh berperan dalam membantu pembentukan DNA dan mempromosikan pembelahan sel.
15. Aromaterapi
Ramuan Sereh terdiri dari senyawa sehat minyak esensial, seperti nerol, sitronelol, myrcene, dipentene, geraniol dan metil heptenone yang memiliki sifat anti-jamur, insektisida dan antiseptik. Minyak banyak digunakan untuk aromaterapi karena efek terapeutik yang akan membantu merevitalisasi dan menyegarkan tubuh.  Minyak sereh memiliki zat alami yang akan membantu merangsang sirkulasi darah dan meremajakan jaringan kulit. Hal ini juga membantu untuk mengangkat dan mengencangkan kulit yang lesu dan lelah.
16. Obesitas
Sereh mengandung citral yang telah terbukti efektif untuk mengatasi obesitas. Hal ini akan mencegah akumulasi lemak dalam perut,  dan mempromosikan penggunaan energi yang tersimpan, sehingga membantu mencegah kenaikan berat badan. Sereh membantu metabolisme tubuh serta meningkatkan oksidasi lemak dalam tubuh.
17. Bau badan
Sereh juga digunakan dalam pembuatan deodoran,  karena sifat pembersih dan sifat anti-bakteri yang akan membantu memerangi bau badan yang tidak sedap serta  mencegah infeksi jamur dan bakteri. Sereh juga dapat ditambahkan untuk merendam kaki yang sakit atau berbau.
Þ  CHARATERISTIC OF INGREDIENST
Berikut ini ciri-ciri tanaman serai wangi (Cymbopogon nardus), yaitu :
- Tumbuh berumpun.
- Tinggi sekitar 50-100 cm.
- Daunnya tunggal berjuntai, panjang bisa mencapai 1 m, lebar 1,5 cm,
- Bagian bawahnya agak kasar.
- Tulang daun sejajar berada ditengah.
- Batang tidak berkayu, berusuk-rusuk pendek.
- Berwarna putih dan akarnya serabut. 


Anonim. 2000, Isi Kandungan Jahe. http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-jahe-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.Wo7B1hNEm00.(Online, 22 Februari 2018).
Anonim. 2015, Kandungan serai. https://www.farmasi-id.com/data-nutrisi/kandungan-gizi-nutrisi-vitamin-mineral-sereh-serai/(Online, 22 Februari 2018).
Anonim. 2015, Ciri-ciri tanaman serai. http://www.agroloka.com/2015/06/ciri-ciri-tanaman-daun-serai-wangi.html#axzz57qJryRIo. (Online, 22 Februari 2018).
Anonm. 2014, Manfaat Serai bagi Kesehatan Tubuh. http://www.nangimam.com/2014/02/KANDUNGAN-GIZI-DAN-MANFAAT-SERAI-UNTUK-KESEHATAN.html(Online, 22 Februari 2018).
 Gilberto. 2012, Sejarah Tanaman Sereh Wangi Di Indonesia. http://gilberto- pribadi.blogspot.co.id/2012/06/sejarah-tanaman-sereh-wangi-di.html (Online, 22 Februari 2018).


 








0 komentar:

Posting Komentar

 

Nur Hidayah Gemuis Template by Ipietoon Cute Blog Design