Minggu, 25 November 2018

Inggridients 10


1. Jahe


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsCsgZ7rRNxfqG5TWjB4_SgTGyGdoHU-tf2e3cjolvRp-hsWCGXYwmVG61XHAFmxWSsQHXcIH3Bi6TXewF05oVHFKAOUD9I5Z2jo4PwIgV-ii8DEq-6QHngL9S-mDK-Mx2FXBtdR0GipEX/s1600/jaheee.jpg

History

Sejarah Singkat Tanaman Jahe - Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbantang semu. Jahe beraal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut sebagai bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional.

Jahe termasuk tumbuhan dalam suku temu-temuan, nama ilmiah untuk jahe adalah Zingiber officinale dan merupakan sefamili dengan temuan lainnya seperti, temu lawak nama latinnya Cucuma xanthorrizla, juga kunyit dengan nama latin Cucuma domestika. Didaerah indonesia jahe memiliki nama yang berbeda antara lain halia (Aceh), bahing (batak Karo), Jahi (Lampung), jahe (sunda), jae (jawa dan bali).


Nutrion

·         Nama Bahan Makanan : Jahe
·         Nama Lain / Alternatif : -
·         Banyaknya Jahe yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
·         Bagian Jahe yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 97 %
·         Jumlah Kandungan Energi Jahe = 51 kkal
·         Jumlah Kandungan Protein Jahe = 1,5 gr
·         Jumlah Kandungan Lemak Jahe = 1 gr
·         Jumlah Kandungan Karbohidrat Jahe = 10,1 gr
·         Jumlah Kandungan Kalsium Jahe = 21 mg
·         Jumlah Kandungan Fosfor Jahe = 39 mg
·         Jumlah Kandungan Zat Besi Jahe = 2 mg
·         Jumlah Kandungan Vitamin A Jahe = 30 IU
·         Jumlah Kandungan Vitamin B1 Jahe = 0,02 mg
·         Jumlah Kandungan Vitamin C Jahe = 4 mg
·         Khasiat / Manfaat Jahe : - (Belum Tersedia)
·         Huruf Awal Nama Bahan Makanan : J
·         Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya


Function

·             Jahe sebagai bumbu dapur seperti bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit dan kembang gula. Selain untuk pelengkap dapur rimpang jaeh juga dimanfaatkan untuk minuman segar yang menghangatkan tubuh dengan aroma dan rasa pedas yang khas.

·               Manfaat jahe adalah membantu proses pencernaan dalam tubuh kita, sebab jahe mengandung dua enzim yaitu protease dan lipase yang masing-masing bertugas mencerna protein dan lemak. Tak cuma itu kawan jahe juga digunakan untuk pengobatan kuno seperti, batuk, selesma, diare dan penyakit radang sendi tulang seperti artitis.

·             Khasiat minuman jahe untuk kesehatan sangat besar dalam mencegah penyakit seperti, stroke dan jantung yang disebabkan perdaran darah yang terumabat, geberol pada jahe bersifat antikougulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Geberol juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol.

·            Tumbuhan ini juga dapat menyembuhkan rematik , dengan cara sediakan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut diatas api atau bara kemudian ditumbuk. Tempelkan tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik.

·         Luka lecet, ditikam benda tajam, jatuh, terkena duri serta gigitan ular dapat diatasing dengan rimpang jahe ini. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahakan sedikit garam. Kemudian letakkan pada bagian yang terluka.

·              Dari penelitian-penelitian moderen tentang tumbuhan jahe.Hasil penelitian bahwa ekstrak jahe, baik dari jahe segar ataupun jage kering berkhasiat dalam mengatasi infeksi bakter, jamur , kejang, nyeri, luka, serta gangguan lambung, tumor, kram dan reaksi alergi.


Karakteristik

Daun jahe berwarna hijau dan berbentuk lonjong lancip menyerupai daun rumput yang besar. Daun itu sebelah menyebelah berselingan dengan tulang daun sejajar sebagaimana tanaman monokotil yang lainnya. Daun  jahe termasuk daun tunggal. Ujung  daun jahe runcing, pangkal daun tumpul, dan tepinya rata sedangkan permukaan daunnya halus dan licin.  Daun jahe termasuk daun lengkap karena memiliki bagian-bagian berupa helaian, tangkai, dan upih daun.

Batang tanaman jahe berwarna hijau, tidak berkayu dan berair. Merupakan batang semu yang tumbuh tegak lurus. Batangnya terdiri dari seludang-seludang daun tanaman dan pelepah-pelepah daun yang menutupi daun. Bentuk batangnya bulat dan mempunyai permukaan yang dilapisi oleh bulu-bulu halus. Batang tumbuhan ini tidak memiliki percabangan. Dilihat dari panjang umurnya, tanaman ini temasuk tanaman tahunan (parennis). Batang tanaman ini mempunyai  modifikasi batang berupa rimpang.

Akar pada jahe merupakan akar serabut. Akar-akarnya tumbuh pada rimpang, yang merupakan modifikasi dari batang. Akar-akar tersebut juga memiliki bagian-bagian berupa leher akar, batang akar dan tudung akar.

Bunga  pada jahe berupa malai tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur. Bunga termasuk dalam bunga majemuk tunggal. Mahkota bunga berbentuk tabung,  helaiannya agak sempit, berwarna hijau kekuningan dan jumlah daun mahkotanya adalah tiga buah saling berlekatan pada bagian bawahnya. Daun kelopak berjumlah tiga buah. Termasuk bunga sempurna karena mempunyai 2 kelamin. Mempunyai 1 benang sari dan 3 putik bunga yang saling berlepasan.  Bakal buahnya tenggelam.

http://info-biologiku.blogspot.com/2015/11/ciri-ciri-dan-klasifikasi-tanaman-jahe.html



2. Kubis atau Kol


History

Kembang kol / kubis pertama kali muncul di kawasan Asia bertahun-tahun lalu sebagai varian pada jenis tanaman kubis yang dianggap tidak bisa dikonsumsi. Ini pertama kali menjadi populer sebagai tanaman yang dapat dimakan di wilayah Mediterania, oleh karena itu kita melihat kembang kol yang digunakan masih ada sekarang di banyak masakan Italia, Spanyol, Turki dan Prancis.
Diperkirakan bahwa populasi ini telah dimasak dengan kembang kol sejak sekitar 600 SM. Ini menjadi lebih populer di seluruh Eropa dan kemudian di Amerika Serikat pada pertengahan abad ke-16. Pada saat ini menjadi sayuran yang biasa dipanen yang masuk ke dalam berbagai masakan berbeda.
Saat ini sayuran digunakan di hampir semua jenis masakan di dunia: masakan Cina dan Jepang, Italia, Prancis, India, Amerika, dan sebagainya. Kebanyakan orang memilih untuk hanya memasak dan mengkonsumsi "kepala" kembang kol putih, karena batang dan daun yang lebih keras dapat menyebabkan gangguan pencernaan bagi beberapa orang dan cenderung lebih keras dalam tekstur.

Nutrion
Kandungan gizi kubis mentah setiap100 g nya:
Energi 103 kJ (25 kcal)
Karbohidrat 5,8 g
Gula 3,2 g
Diet serat 2,5 g
Lemak 0,1 g
Protein 1,28 g
Thiamine (Vit. B1) 0,061 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,040 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 0,234 mg (2%)
Asam pantotenat (B5) 0,212 mg (4%)
Vitamin B6 0,124 mg (10%)
Folat (Vit. B9) 53 mg (13%)
Vitamin C 36,6 mg (61%)
Kalsium 40 mg (4%)
Besi 0,47 mg (4%)
Magnesium 12 mg (3%)
Fosfor 26 mg (4%)
Kalium 170 mg (4%)
Seng 0,18 mg (2%).

Function

Kandungan gizi ini merupakan zat pembangun yang membantu menjadikan proses metabolisme tetap berjalan dengan baik. Berbagai kandungan kol membuat kesehatan yang memakannya dapat terjaga agar selalu dalam keadaan baik.  Berikut adalah daftar manfaat kol bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Membantu pembentukan sel darah merah
Zat besi merupakan komponen yang membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif, sehingga menghindarkan diri dari gejala anemia. Mengkonsumsi kol dapat disandingkan dengan jus jeruk, karena manfaat jeruk mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dari manfaat kol.

2. Mencegah kanker
Golongan kubis-kubisan seperti kol memiliki zat yang mampu memerangi sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut akan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Penelitian di Cina juga menghasilkan wanita yang mengkonsumsi sejumlah sayuran seperti kol, brokoli mengalami penurunan resiko terjadinya gejala kanker payudara.

3. Mengontrol tekanan darah tinggi
Kalium memang senyawa yang baik untuk mengurangi gejala hipertensi, tingginya kandungan kalium dalam Kol/Buncis membuatnya merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk darah tinggi.

4. Mengandung vitamin C

Tidak hanya buah-buahan seperti pada jeruk, anggur atau pada apel terdapat kandungan vitamin C, kol juga memilikinya sehingga akan menjadikan sistem imun yang lebih kuat. Vitamin C juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit seperti juga pada manfaat minyak zaitun dan manfaat minyak almond.

Karakteristik

Bunga kol atau kubis bunga merupakan salah satu jenis sayuran. Ciri-ciri kembang kol antara lain:
·        Memiliki tangkai daun agak panjang dan helai daun berlekuk-lekuk panjang.
·        Tangkai bunga kubis lebih panjang dibandingkan kubis bunga.
·        Bunga kubis berbentuk bulatan berwarna hijau tua atau hijau kebiru-biruan atau putih kehijauan.
·        Berdiameter antara 15-20 cm atau lebih.
·        Setiap bunga terdiri atas empat helai kelopak bunga, empat helai daun mahkota bunga, enam benang sari, dan setiap ruang berisi bakal biji.
·        Bijinya bulat kecil berwarna coklat kehitaman.
·        Sistem perakarannya dangkal.
·        Kubis bunga tersusun dari bunga-bunga kecil berwarna hijau.
·        Mengandung vitamin C, folat, vitamin K, dan vitamin B-6. Selain itu juga mengandung vitamin B1, B2, B3 dan vitamin E.
·        Mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan mangan tanpa kolesterol berbahaya.
Kembang kol bermanfaat untuk antioksidan, kesehatan jantung, mengobati gangguan perut, dan lain sebagainya. Jenis kembang kol ada yang tidak berwarna putih, yaitu hijau, ungu, dan orange.

3. Manggo


 
History
Namun sebenarnya buah mangga bukan asli tanaman Indonesia, menurut sejarah penyebarannya, buah mangga yang ada di Indonesia berasal dari Negara India.Karena iklim dan suhu di Indonesia sangat cocok dengan tanaman buah mangga maka, tanaman tersebut cepar berkembang dan tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan buah yang memiliki kualitas yang baik.

Penyebaran buah mangga hampir penyeluruh di wilayah Indonesia, bahkan  dari tiap-tiap daerah memiliki nama local masing-masing.  Di Madura, mangga disebut pao. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur buah mangga disebut palem.  Di Jawa Barat: Mangga. Di Aceh buah mangga disebut mamplam. Sedangkan di Bali buah mangga disebut ampelm.Bahkan dalam bahasa Indonesia buah mangga juga sering disebut mempelam.Di Negara India buah mangga memiliki cerita dongeng rakyat yaitu asal usul adanya buah mangga. Dongeng rakyat di India ini menyebutkan bahwa mangga adalah penjelmaan Dewa Prajapati.

Orang asing yang pertama kali melihat kebun mangga yang indah di lembah Indus ialah Alexander Agung pada tahun 327 SM. Penulis tentang buah mangga di India yang pertama mungkin Huien T’Sang, pada tahun 632-45 SM.Rumphius (1741), ahli botani, menyimpulkan bahwa tanaman mangga baru beberapa abad ditanam di Kepulauan Asia.

Sedangkan di India bagian timur yang berbatasan dengan Birma, mangga telah ditanam lebih dari empat ribu tahun, bahkan enam ribu tahun yang lalu. Ia berpendapat bahwa mangga berasal dari daerah perbatasan India-Birma.Istilah mangga berasal dari Bahasa Tamil di India yaitu: mankay atau man-gas. Dalam bahasa botani, mangga disebut Mangifera indica L., yang berarti tanaman mangga berasal dari India.Pada kenyataannya hampir di seluruh Negara bagian India terdapat tanaman mangga. Sebutan mangga dalam Bahasa Indonesia mirip sekali dengan bahasa Tamil: man-gas.

Sejarah Penyebaran Buah Mangga Ke Indonesia

Dari India mangga menyebar ke Semenanjung Malaysia, kemudian ke Indonesia dan sekitarnya. Penyebaran itu mungkin karena dibawa pedagang India da penyebar Agama Hindu dan Budha sekitar abad keempat atau kelima sebelum Masehi.Mangga mulai ditanam di Kepulauan Maluku pada tahun 1665. Di Filipina, mangga ditanam pertama kali di Kepulauan Sulu dan Mindanao sekitar tahun 1400 dan 1450. Di Pulao Luzon sekitar tahun 1600 dan 1650.

http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/03/asal-usul-dan-sejarah-buah-mangga.html

Nutrion
nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz) adalah sebagai berikut.

Energi 272 kJ (65 kcal)

Karbohidrat 17,00 g

Gula 14,8 g

Diet serat 1,8 g

 Lemak 0,27 g

Protein 0,51 g

Vitamin A equiv. 38 mg (4%)

Beta-karoten 445 mg (4%)

Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)

Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)

Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)

Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)

Vitamin B6 0,134 mg (10%)

Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)

Vitamin C 27,7 mg (46%)

Kalsium 10 mg (1%)

Besi 0,13 mg (1%)

Magnesium 9 mg (2%)

Fosfor 11 mg (2%)

Kalium 156 mg (3%)

Seng 0,04 mg (0%)

https://7khasiat.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-mangga-bagus-untuk-kesehatan/

Function
1. Mencegah diabetes

Manfaat buah mangga dapat mencegah diabetes. Kadar indeks glikemiknya yang rendah tidak berpengaruh pada peningkatan kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin dapat terhindar dari penyakit diabetes. Selain buahnya, daun buah mangga terbukti efektif mengatur kadar insulin. Penderita dapat merutinkan meminum rebusan daun mangga setiap pagi.

2. Mencegah kerusakan atau degenerasi makula

Degenerasi makula adalah salah satu gejala kerusakan penglihatan yaitu rusaknya bagian tengah retina sehingga tidak berfungsi normal. Kandungan buah mangga seperti zat antioksidan zeaxanthin mampu memberikan perlindungan saat mata terkena sinar cahaya biru. Sehingga mata akan terbebas dari degenerasi makula dengan rajin mengkonsumsi buah mangga.

3. Mencegah penyakit jantung

Buah mangga mengandung serat, kalium, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk kinerja jantung. Peran jantung sebagai organ pemompa darah sangat vital sehingga memerlukan nutrisi berlebih. Dengan memperbaiki pola makan, meningkatkan asupan kalium, menurunkan asupan natrium maka seseorang akan terhindar dari penyakit jantung.

4. Mencegah penyakit kanker

Sebuah penelitian para ahli membuktikan bahwa senyawa antioksidan dalam buah mangga efektif melindungi usus besar, payudara, leukimia, dan kanker prostat. Senyawa antioksidan dalam buah mangga tersebut antara lain isoquercitrin, astragalin, fiselin, asam galat, dan methylgallat. Keseluruhannya menangkal perkembangan sel jahat penyebab kanker.

5. Untuk kesehatan tulang

Manfaat buah mangga berguna untuk kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dalam buah ini dibutuhkan sebagai nutrisi tulang. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan patah tulang.

6. Sebagai sumber zat besi

Manfaat buah mangga sebagai sumber zat besi yang baik untuk wanita. Yaitu untuk mereka yang telah mengalami menopause atau sedang hamil. Kandungan zat besi dan kalsium dalam buah ini bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

7. Untuk kesehatan mata

Buah mangga kaya akan vitamin A yang efektif menyehatkan mata. Vitamin A ini berfungsi mencegah mata dari rabun senja, mata kering, dan mata gatal. Dengan rutin mengkonsumsi mangga, maka kebutuhan vitamin A akan tercukupi. Selain mangga, buah- buahan lain seperti pisang, alpukat, dan pepaya juga mengandung vitamin A.

Demikian manfaat dan khasiat dari buah mangga, semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan. Meski buah ini tergolong sehat dan tidak cukup bahaya untuk dikonsumsi, tapi Anda harus memperhatikan batas wajar konsumsi, agar tidak terjadi efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh.

https://7khasiat.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-mangga-bagus-untuk-kesehatan/

Karakteristik

1.      Memiliki ukuran batang yang besar dan dapat tumbuh hungga mencapai 40 meter atau lebih dan memiliki batang tegak dan bercabang.

2.      Daun tunggal dan mampu tumbuh lebat yang tersebar di setiap barang. Panjang setiap tangkau daun berbeda antara 1,25 – 12,5 cm. Bagian pangkal daun membesar dan sisi sebelah atas memiliki alur daun.

3.      Kulit pada batang pohon cukup tebal dan memiliki tekstur yang kasar. Banyak terdapat celah-celah kecil dan sisik yang merupakan bekas tangkai daun. Kulit batang yang sudah tua umumnya berwarna coklat keabuan, kelabu tua, sampai warna hitam.

4.      Akar tanaman mangga memiliki cabang-cabang yang panjangnya bisa mencapai 6 meter. Pada kedalaman antara 30-60 cm cabang akar tumbuh banyak. Lebih ke dalam akar semakin sedikit.

5.      Bunga buah mangga tergolong ke dalam bunga yang majemuk, umumnya berwana kuning kehijauan, tumbuh memanjang hingga 40 cm. Berkelaminan campuran

6.      Buah mangga pada usia muda memiliki warna hijau muda, dan akan berubah warna kuning kehijauan pada usia siap panen. Bentuk buah mangga sendiri beraneka ragam, ada yang bulat, bulat telur hingga lonjong memanjang. Sedangkan ukuran panjang buah sendiri antara 2,5 – 30 cm.

http://www.lintaskesehatan.com/ciri-ciri-buah-mangga-dan-kandunganya/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nur Hidayah Gemuis Template by Ipietoon Cute Blog Design