Minggu, 19 Agustus 2018

Ingridients 2

1. Cucumber / Mentimun 
Hasil gambar untuk cucumber 
 
History :
Mentimun berasal dari Cina bagian tengah dan barat. Mentimun juga ditemukan juga di India timur laut dan Myanmar.
Mentimun atau biasa disingkat dengan sebutan timun itu dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Oleh karena itu didataran rendah orang masih banyak bertanam timun, misalnya di Dramaga, dan ciomas (Bogor). Luas penanaman timun di Indonesia berkisar 13.500-17.500 ha.
                                                               
(source: https://ibutani.blogspot.co.id/2011/11/sejarah-dan-manfaat-mentimun.html)

Nutrient Content :
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 15
Jumlah Lemak 0,1 g   
Lemak jenuh 0 g        
Lemak tak jenuh ganda 0 g    
Lemak tak jenuh tunggal 0 g 
Kolesterol 0 mg          
Natrium 2 mg 
Kalium 147 mg          
Jumlah Karbohidrat 3,6 g      
Serat pangan 0,5 g     
Gula 1,7 g      
Protein 0,7 g   
Vitamin A       105 IU Vitamin C       2,8 mg
Kalsium           16 mg  Zat besi           0,3 mg
Vitamin D       0 IU     Vitamin B6     0 mg
Vitamin B12   0 µg     Magnesium      13 mg
Mentimun alias timun dikenal memiliki banyak manfaat lain selain sebagai lalapan dan bahan acar. Karena mentimun banyak mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Karenanya, bisa pula digunakan sebagai obat sariawan, merawat kulit dan wajah, melancarkan buang air seni, menurunkan tekanan darah tinggi, obat jerawat, dan obat demam. Jadi, tidak salah kalau banyak orang yang menyukainya
Buah mentimun berbentuk bulat panjang, tumbuh bergantung, warnanya hijau dengan lari-larik putih kekuningan, setelah tua warnanya kuning kotor, panjang 10–30 cm, bagian pangkal berbintil, banyak mengandung cairan. Bijinya banyak, bentuknya lonjong meruncingi pipih.
     2.    Salt / Garam
Hasil gambar untuk salt
History  :
Menurut sejarah, garam diperkirakan ditemukan pertama kali di Danau Yungchen, China pada 6000 tahun sebelum masehi. Dimana warga setempat memanen garam saat danau tersebut mengering saat musim kemarau. Dan hingga saat itu China menjadi negara yang sering melakukan perdagangan garam di dunia. Tetapi, hingga 800 tahun sebelum masehi tidak ada yang dapat menuliskan secara jelas bagaimana proses pembuatan garam. Proses pembuatan garam pertama kali ditulis pada zaman Kerajaan Romawi.
Nutrient Content :
Ukuran Porsi: 1 sdt.                          per porsi
Kilojoule.                                             0 kj
Kalori.                                                  0 kkal.   Lemak.                                                 0 g  Lemak Jenuh.                                     0 g    
Lemak tak Jenuh Ganda.                  0 g
Lemak tak Jenuh Tunggal.               0 g
Kolesterol.                                            0 mg
Protein.                                                 0 g
Karbohidrat.                                        0 g
Serat.                                                     0 g
Gula.                                                      0 g
Sodium.                                                2325 mg
Kalium.                                                 0 mg
Function : 
Garam memiliki kandungan utama iodium untuk mencegah berbagai penyakit seperti gondok. Selain itu, garam juga mengandung natrium, magnesium, seng, dan mineral-mineral lainnya. Garam sangat bagus untuk pencegahan penyakit gondok terutama untuk anak-anak di bawah umur.Dalam olahan masakan, garam memegang peranan terpenting dalam kunci cita rasa masakan. Hampir semua masakan menggunakan garam sebagai penguat rasa dan pemberi rasa asin serta gurih. Garam juga berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya bakteri di masakan sehingga garam sering digunakan sebagai sarana pembuatan bahan makanan kering misalnya ikan asin. Garam juga berfungsi sebagai penghilang aroma amis dari ikan, ayam, dan sebagainya.
Characteristic :
Natrium klorida tidak mengubah warna lakmus merah menjadi biru atau lakmus biru menjadi merah berarti larutannya bersifat netral. Di laboratorium garam dapur dapat dibuat dari reaksi antara asam dan basa. Reaksi pembentukan garam dari asam dan basa disebut Penetralana  atau reaksi netralisasi Sifat-sifat garam diantaranya sebagai berikut:
1. Mempunyai rasa asin
2. Dapat menghantarkan arus listrik
3. Tidak mengubah warna kertas lakmus.           merah maupun biru
4. Memiliki pH netral sekitar 7
5. Terbentuk dari sisa asam dengan sisa             basa
6. Senyawa yang terdiri dari unsur logam.        dan non logam, misalnya NaCI dimana          natrium (Na) termasuk logam dan clorida (CI) termasuk unsur non logam

3.    Onion / Bawang Bombay 

Hasil gambar untuk onion

History :
Istilah bawang bombay berasal ketika komoditas ini pertama kali dibawa oleh pedagang-pedagang dari kota Bombay (sekarang disebut Mumbay), India, ke Indonesia. Bawang bombay (allium ceva) termasuk herba biennial  yang dibudidayakan sebagai tanaman annual (semusim), kecuali untuk produksi benih. Bawang bombay adalah sejenis bawang yang biasa digunakan dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya digunakan sebagai hiasan tapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan tebal dagingnya.
Sumber : http://ilmusejarahbiologi.blogspot.co.id/2014/04/klasifikasi-tanaman-bawang-bombay.html)
  
Nutrient Content :
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 39
Jumlah Lemak 0,1 g   
Lemak jenuh 0 g        
Lemak tak jenuh ganda 0 g    
Lemak tak jenuh tunggal 0 g 
Kolesterol 0 mg          
Natrium 4 mg 
Kalium 146 mg          
Jumlah Karbohidrat 9 g         
Serat pangan 1,7 g     
Gula 4,2 g      
Protein 1,1 g   
Vitamin A       2 IU     Vitamin C       7,4 mg
Kalsium           23 mg  Zat besi           0,2 mg
Vitamin D       0 IU     Vitamin B6     0,1 mg
Vitamin B12   0 µg     Magnesium      10 mg
Function : 
Bawang bombay sebagai sayuran yang kaya akan nutrisi. Dalam bawang bombay mengandung banyak zat yang dapat melawan kanker, mengontrol kadar gula darah, mencegah terjadinya penggumpalan darah, memperlancar pencernaan, mengurangi hipertensi, menjaga kesehatan otak, dan memperkuat tulang dan jaringan pembuluh. Selain itu, bawang bombay juga berfungsi sebagai antioksidan karena terdapat vitamin C di dalamnya.
Bawang bombay memiliki aroma yang cukup kuat dan rasa yang manis. Bawang bombay memiliki beragam ukuran dari yang kecil hingga yang besar. Namun yang sering Anda temui adalah yang memilki ukuran sedang. Cara mengolah bawang bombay sama saja pada setiap ukurannya. Untuk menjadikan onion ring tidak dianjurkan menggunakan bawang bombay yang memiliki ukuran yang kecil karena akan menyulitkan ketika dipotong. 
(source : http://www.kerjanya.net/faq/18072-bawang-bombay.html)
Characteristics : 
Bawang bombai yang sama bentuknya yakni bulat dan berlapis-lapis, ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jenis bawang yang lain. Jika dikupas, warnanya putih kekuning-kuningan. (source : http://bawangputihtunggal.blogspot.co.id/2012/06/kandungan-karakteristik-dan-manfaat.html)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nur Hidayah Gemuis Template by Ipietoon Cute Blog Design